Faktor Pemicu Alergi yang Ada di Dalam Rumah Anda

Faktor Pemicu Alergi yang Ada di Dalam Rumah Anda

Faktor Pemicu Alergi yang Ada di Dalam Rumah Anda  – Alergi yaitu mekanisme perlindungan alami yang keluar waktu system imun badan bekerja melawan balik partikel asing punya potensi bahaya yang masuk kedalam badan. Ironisnya, beberapa hal yang dipandang asing oleh system imun badan ini nyatanya yaitu beberapa hal yang umum kita dapatkan dirumah.

Faktor Pemicu Alergi yang Ada di Dalam Rumah Anda

Umumnya pengidap asma, alergi serbuk bunga, atau type alergi outdoor yang lain berasumsi tempat tinggal jadi tempat teraman dimana mereka dapat beristirahat sesaat dari reaksi alergi yang menyusahkan. Sayangnya, tempat tinggal serta ruang tertutup juga memiliki kandungan alergen (agen penyebab alergi) sendiri. Tempat tinggal Anda yaitu satu perangkap besar alergen, buat alergi makin susah untuk dijauhi.

Reaksi alergi dapat keluar selama th., dipicu oleh alergen dalam ruang seperti tungau kasur, debu, jamur, product pembersih, serta hewan peliharaan.

Sinyal serta tanda alergi rumahan, termasuk juga :

Problem pernafasan ; hidung terhalang, pilek, bersin, ingusan, tanda asma (nada mengi serta sesak napas)
Konjungtivitis, peradangan selaput susunan mata ; mata memerah, gatal, serta berair
Alergi dermatitis ; eksim, ruam merah, gatal-gatal

Apa penyebabnya alergi dirumah kita?

1. Tungau

Tungau yaitu penyebabnya paling utama dari alergi, serta debu yang terkumpul di bebrapa pojok tempat tinggal sediakan rumah yang nyaman untuk kutu mikroskopik ini. Tungau hidup dari beberapa sel kulit mati yang Anda bebaskan sehari-hari, oleh karena itu, satu diantara ruang favorite mereka yaitu kasur Anda ; bersembunyi di seprai, sela-sela jahitan tepi kasur, bantal, bahkan juga boneka koleksi anak Anda.

2. Debu

Debu yaitu himpunan partikel sisa dari beragam jenis hal, dari mulai rerontokan daun kering, sel kulit mati, tanah, bangkai serangga, sisa makanan, serat, serta sampah yang lain.

3. Kecoa

Kecoa yaitu serangga penebar bakteri serta penyakit. Yang lebih menjengkelkan sekali lagi, kecoa yaitu satu diantara binatang paling tahan banting serta begitu gampang menyesuaikan dengan sekitar lingkungan, terlebih bila daerah itu mempunyai banyak persediaan air serta makanan.

Apa yang mengakibatkan alergi kecoa? Alergennya dapat diketemukan dalam enzim pencernaan, air liur, feses, serta badan kecoa. Alergi yang dikarenakan kecoa dapat jadi aspek terpenting penyebabnya asma serius serta problem pernafasan yang lain untuk beberapa orang.

Insektisida penghilang kecoa juga dapat menyebabkan reaksi alergi bila asal-asalan dipakai, karena toksin yang terdapat dalam gas itu.

4. Lumut

Lumut serta jamur juga akan tumbuh berkembang makin baik ditempat gelap, basah, serta lembap, seperti kamar mandi, gudang, atau beberapa tempat dengan kebocoran.

Di masa panennya, jamur serta lumut juga akan melepas spora mikrobik penyebab reaksi alergi. Sama seperti dengan tanda alergi serbuk sari bunga, asma dapat muncul karena hirup spora dalam jumlah besar.

5. Hewan peliharaan

Anjing serta kucing type spesifik juga akan merontokkan bulu-bulunya jadi mekanisme penyesuaian alami mereka. Bulu serta sel kulit mati yang rontok berikut sebagai penyebabnya munculnya reaksi alergi, bukannya bulu yang masih tetap melekat di tubuh binatang.

Diluar itu, reaksi alergi dapat juga muncul karena protein yang terdapat di air liur serta/atau urin anjing, kucing, serta binatang-binatang pengerat (hamster, kelinci, tikus).

Partikel asing sisa binatang ini enteng, dapat beterbangan di udara, melekat di perabotan tempat tinggal serta bertahan hingga berbulan-bulan, sampai lalu jadi sarang tumbuhnya mutasi alergen yang gampang menyebar lewat udara.
Bagaimana caranya saya menanggulangi alergi rumahan?

Langkah paling baik melawan alergi yaitu rajin bersihkan tempat tinggal. Bersihkan serta jemur karpet serta keset tempat tinggal tiap-tiap 1 minggu sekali. Vacuum cleaning satu minggu 2 x. Bersihkan peralatan tidur Anda dengan air panas satu minggu sekali. Memakai seprai, bantal, serta bed cover anti-alergi dapat juga menolong kurangi resiko alergi kambuh kembali. Tungau debu juga bersarang di lipatan tirai atau gorden, jadi janganlah lupa selalu untuk bersihkan jendela.

Diluar itu, ada banyak hal yang butuh Anda cermati :

Janganlah lupa selalu untuk membersihkan boneka. Bila boneka-boneka yang paling disayangi Anda tidak dapat dicuci, masukan dalam kantung plastik serta taruh dalam freezer kulkas sepanjang 24 jam. Baca juga : obat gatal alami pada kulit

Waktu menyapu, baiknya lapisi rambut-rambut sapu dengan lap basah untuk memerangkap debu-debu supaya tidak beterbangan, serta berisiko terhirup oleh Anda.

Jagalah supaya binatang peliharaan tidak bermain didalam kamar. Karna meskipun Anda tidak mempunyai kisah medis alergi binatang, anjing serta kucing yang paling disayangi Anda yaitu medium untuk alergen dapat dengan gampang beralih tangan lewat bulu-bulu mereka. Janganlah lupa selalu untuk bersihkan kandang mereka.

Singkirkan lumut serta jamur dalam tempat tinggal dengan menggosok-gosok beberapa tempat riskan itu memakai air serta sabun, atau Anda dapat berikan larutan pemutih 5% (tetapi, janganlah digabung dengan pembersih yang lain). Lalu keringkan ruang itu dengan baik.

Bila lumut serta jamur bandel melekat pada beberapa barang Anda, baiknya buang.

Perbaiki serta segel beberapa tempat bocor, umpamanya keran dapur, plafon rumah, atau pipa ledeng. Semuanya ruang dalam tempat tinggal, termasuk juga gudang, harus mempunyai saluran ventilasi yang bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *