Merawat Sablon Karet Agar Lebih Awet

Merawat Sablon Karet Agar Lebih Awet

Merawat Sablon Karet Agar Lebih Awet

Merawat sablon karet agar lebih awet penting untuk diperhatikan agar kaos olahraga maupun kaos harian yang anda miliki tetap terlihat bagus meski sudah melalui proses pencucian berulang kali. Sebagus atau sekuat apapun sablon rubber/ karet bila pemakaian dan perawatannya tidak benar, pasti sablonan akan cepat rusak dan tidak tahan lama lebih seringnya pecah-pecah.

Lantas bagaimana sih cara merawat sablonan kaos olahraga maupun kaos harian agar tetap awet dan tahan lama? Tips berikut ini dapat Anda terapkan sendiri secara telaten di rumah.

Merawat sablon karet agar lebih awet

  1. Cuci kaos dalam kondisi sudah dibalik pada bagian dalam, bukan bagian luar yang terdapat sablonan. Terutama bila Anda ingin menggilingnya di dalam mesin cuci, pastikan kaos sudah dibalik agar sablonan tidak pecah atau rusak. Namun akan lebih awet kalau mencucinya secara manual atau di kucek dengan tangan.
  2. Hindari merendam kaos sablon dalam waktu yang sangat lama. Bila umur kaos terbilang baru, jangan rendam lebih dari 30 menit apalagi sampai 2 hari bisa bau nanti J. Namun, bila kaos sablon sudah terhitung lama, Anda bisa merendamnya di bawah 60 menit. Hindari pula penggunaan detergent yang banyak karena dapat merusak sablon selain itu juga boros.
  3. Peras kaos secara perlahan. Apabila Anda memeras terlalu keras, dikhawatirkan sablonan yang terdapat di dalam kaos akan tertarik dan kemungkinan besar menjadi rusak atau rontok apalagi sampai kaos sobek :). Ingat, saat memeras pun kondisi kaos harus dibalik.
  4. Bagian kaos yang terdapat sablon jangan terkena sikat, apalagi bila Anda menyikatnya terlalu keras, dan pastikan menggunakan sikat untuk pakaian bukan sikat baja J. Kucek atau sikat bagian kaos lainnya dan lewati bagian yang terdapat sablon agar tidak rusak dan tetap terlihat bagus ketika dipakai.
  5. Jangan dipakai ketika bermain di laut. Seperti yang kita ketahui bahwa air laut mengandung garam dan bahkan besi pun bisa berkarat bila direndam di air laut apalagi hanya sablonan kaos, bisa bisa retak atau pecah dibuatnya.
  6. Seperti halnya proses pencucian, perendaman, dan juga pemerasan kaos, saat menjemur pun kondisi kaos juga harus tetap dalam keadaan dibalik agar bagian luar kaos yang terdapat sablonan tidak mudah rusak dan kualitas warnanya juga tetap bagus.
  7. Terakhir adalah jangan menyetrika bagian sablon kaos karena akan selain akan membuat setrika rusak, juga akan membuat sablonan meleleh dan lengket pada kaos.

    Hasil sablon karet ukuran A3
    Hasil sablon karet ukuran A3

Demikian sedikit tips dan ada sedikit kekonyolan seputar merawat kaos sablon agar tahan lama dan awet. Selain itu pesanlah kaos ditempat konveksi kaos olahraga surabaya terpercaya karena bisa konsisten menjaga kualitas. Semoga bermanfaat :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *