20 Modem 4G Terbaik [PLUS: Panduan Memilih Modem Wifi Terbaik]

Anda kesulitan mencari modem 4G terbaik saat ini?

Jika ya, maka Anda telah menemukan tempat yang tepat untuk mencarinya.

Anda tidak perlu pusing mencari review modem 4G terbaik yang tersebar di Google karena saya telah mencari, memilih dan mengumpulkannya khusus untuk anda.

Secara umum, modem 4G LTE memiliki 2 jenis yang tersedia di pasaran saat ini yaitu modem mifi (mobile wifi) dan modem USB.

Adapun perbedaan antara kedua jenis modem tersebut adalah pada sumber daya untuk mengaktifkan modem tersebut.

Modem mifi menggunakan sumber daya internal karena sudah menggunakan baterai sendiri. Sedangkan modem USB harus menggunakan sumber daya eksternal alias anda harus menyambungkan USB-nya terlebih dahulu dengan port USB dari komputer, laptop maupun dari sumber listrik langsung seperti charger USB atau power bank.

Secara pemakaian, jika anda orang yang memiliki mobilitas yang tinggi tentu modem mifi lebih menguntungkan bagi anda. Anda hanya perlu menyiapkan power bank sebagai cadangan daya ketika daya baterai modem anda sudah menipis.

Oleh karena itu, di artikel ini saya hanya akan membahas tentang modem mifi 4G saja, untuk modem USB 4G mungkin akan saya bahas dilain waktu dan dilain artikel.

Selain membahas tentang modem wifi 4G LTE terbaik beserta kelebihan dan kekurangannya juga kisaran harganya di pasaran, artikel ini juga membahas tentang beberapa kriteria penting dalam memilih modem yang bagus.

Di akhir artikel anda akan menemukan modem 4G terbaik yang saya rekomendasikan untuk anda miliki dari sekian banyak modem 4G yang dibahas pada artikel ini.

Review 20 Modem 4G Terbaik

1 Huawei E5573C

Modem Huawei E5573 hadir dengan kecepatan download hingga 150Mbps dan upload hingga 50Mbps. Kecepatan tersebut sudah lebih dari cukup mengingat kecepatan aktual download semua provider di Indonesia yang tidak sampai menyentuh angka 100Mbps.

modem wifi terbaik

Jika dilihat dari spesifikasi modem 4G LTE yang ada di Indonesia, maka modem tercepat adalah modem yang sudah mendukung kecepatan download hingga 150Mbps dan modem ini merupakan salah satunya.

Dengan dukungan frekuensi 4G FDD 800/900/1800/2100/2600 Mhz, modem mifi ini bisa anda gunakan hampir di semua kartu GSM 4G seperti XL, Telkomsel, Three dan Indosat kecuali Bolt.

Secara desain, modem ini terlihat simple dengan bentuk persegi panjang berbahan plastik dan dimensi yang hanya 84 x 58 x 15mm.

Modem ini tidak memiliki layar sehingga anda tidak bisa melihat dengan detail seberapa banyak sinyal yang anda dapatkan, seberapa banyak baterai yang tersisa dan sistem informasi berharga lainnya.

Sebagai pengganti layar LCD, modem ini hanya memiliki 2 lampu LED sebagai indikator sinyal dan daya baterai sebagai sistem informasi utama.

Huawei E5573 memiliki baterai sebesar 1500 mAh yang jika digunakan hanya bisa bertahan selama kurang lebih 4 sampai dengan 5 jam saja. Jadi, anda tidak bisa terlalu lama terhubung dengan modem wifi ini.

Solusinya, anda harus menambahkan sumber daya listrik eksternal seperti charger maupun power bank agar modem ini tetap bisa menyala.

Jika anda ingin berbagi wifi kepada teman atau keluarga anda dengan modem ini, anda bisa berbagi dengan maksimal 10 teman anda lainnya.

Adapun fitur lain dari modem huawei e5573 yaitu modem ini telah disupport oleh aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melihat maupun mengatur hal-hal yang tidak bisa anda atur di modem anda.

Aplikasi ini bernama Huawei HiLink yang bisa anda pasang di smartphone Android maupun iOS anda. Selain itu, modem ini sudah memiliki slot SD card dengan kapasitas maksimal 32GB.

Kelebihan :

  • Desain simpel dan ringan
  • Memiliki aplikasi tambahan untuk melakukan pengaturan modem (Huawei HiLink App)
  • Memiliki slot antena eksternal

Kekurangan :

  • Kapasitas baterai hanya 1500 mAh sehingga anda harus menyiapkan sumber daya cadangan seperti powerbank
  • Tidak memiliki layar dan hanya memiliki 2 lampu LED sebagai indikator informasi

Kisaran Harga Huawei E5573C : Rp. 600 ribuan

2 Huawei E5577

Secara desain Modem WiFi Huawei e5577 ini kurang lebih sama dengan modem huawei lainnya, hanya saja modem ini sudah dilengkapi dengan sebuah layar 1.45 inch TFT LCD screen sehingga memudahkan anda untuk melihat berapa batang sinyal yang anda dapatkan, berapa persentase baterai yang sudah terpakai, pemakaian kuota yang sudah terpakai serta pemberitahuan jika ada pesan yang masuk.

modem terbaik

Modem ini memiliki kapasitas baterai sebesar 1500 mAh yang mampu bertahan antara 4 sampai dengan 5 Jam saja sehingga Anda harus menyiapkan sumber daya listrik cadangan seperti powerbank maupun charger.

Untuk kartu yang bisa anda gunakan, modem ini sudah support all operator yang ada di Indonesia seperti XL, Indosat, Tri, Telkomsel juga Bolt dan Smartfren.

Hal ini menjadi keuntungan besar untuk anda karena anda bebas untuk menentukan pilihan operator yang cocok dengan lokasi anda maupun harga kuota yang ditawarkan.

Jika anda ingin berbagi wifi dengan teman anda maka perangkat ini memungkinkan untuk terhubung dengan maksimal 10 perangkat.

Adapun jika sinyal di tempat anda kurang baik maka modem ini mendukung slot untuk pemasangan antena tambahan sehingga bisa membantu modem anda untuk menangkap sinyal lebih baik.

Modem ini juga mendukung pemakaian Micro SD untuk menyimpan data dengan kapasitas maksimal 32GB.

Untuk penjualan di Indonesia modem ini ada yang di bundling dengan operator seperti Bolt dan XL. saya sarankan agar Anda membeli modem yang sudah dalam kondisi unlock, karena jika modem masih dalam kondisi lock maka ia hanya bisa digunakan untuk operator tersebut saja.

Kelebihan :

  • Support semua operator di Indonesia (pastikan anda membeli modem yang sudah unlock)
  • Memiliki layar LCD
  • Memiliki aplikasi tambahan untuk melakukan pengaturan modem (Huawei HiLink App)
  • Memiliki slot antena eksternal

Kekurangan :

  • Kapasitas baterai hanya 1500 mAh

Harga Huawei E5577 : Rp. 800 ribuan

3 Huawei E5575

Modem Huawei e5575 ini memiliki desain yang mirip dengan modem Huawei tipe e5573 yakni memiliki satu tombol power di tengah dan dua lampu LED indikator sinyal dan baterai.

modem mifi terbaik

Namun, modem ini memiliki keunikan yang berbeda dengan modem e5573 dan seluruh modem Huawei lainnya yaitu modem ini memiliki fitur charging dock yang menggunakan magnet, jadi tidak ada kabel yang terurai ketika anda sedang mencharge modem ini alias tanpa kabel.

Untuk kecepatan download dan upload, modem ini memiliki standar yang sama dengan modem 4G lainnya, yaitu hingga 150Mbps dan upload hingga 50Mbps. Modem ini support semua operator GSM kecuali Bolt.

Kapasitas baterai modem ini tidak jauh beda dengan modem Huawei tipe lainnya yakni hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 1500 mAh saja. Jadi, pastikan anda menyiapkan baterai cadangan jika anda ingin menggunakan modem ini dalam waktu yang lama.

Jika anda ingin berbagi koneksi dengan teman anda, modem Huawei E5575 ini hanya bisa berbagi koneksi dengan maksimal 5 perangkat lainnya. Terbilang sedikit jika dibandingkan dengan modem 4G merk Huawei lainnya.

Kelebihan :

  • Memiliki sistem pengisian baterai yang unik tanpa menggunakan kabel USB
  • Memiliki fitur By Pass yakni bisa di charge meskipun baterai tidak terpasang

Kekurangan :

  • Kapasitas baterai hanya 1500 mAh
  • Hanya bisa berbagi ke 5 perangkat saja
  • Tidak memiliki layar LCD

Harga Huawei E5575 : Rp. 700 ribuan

4 Sierra 760S

Merk Sierra mungkin masih terdengar asing di telinga Anda, namun merk ini cukup terkenal di luar negeri. Adapun modem sierra 760s ini merupakan modem keluaran Sierra yang cukup bagus.

modem mifi 4g terbaik

Secara desain, modem ini sudah mempunyai layar LCD yang bisa menampilkan berbagai informasi seperti kualitas jaringan, kapasitas baterai, nama jaringan dan password wifi, berapa perangkat yang terhubung, kuota yang terpakai saat ini dan lain sebagainya.

Tentunya hal ini merupakan kelebihan untuk modem ini, karena anda tidak perlu susah payah untuk mengetahui informasi tersebut lewat aplikasi maupun web browser internet.

Untuk kecepatan koneksi, modem ini mempunyai kecepatan download maksimal 100Mbps dan upload maksimal 50Mbps. Sudah sangat berlebih untuk koneksi di Indonesia.

Modem ini mampu berbagi koneksi dengan 10 perangkat lainnya dan sudah support dengan WPS (WiFi Protected Setup) hanya dengan menekan tombol WPS yang ada di bagian atas modem.

Jika sinyal yang ditangkap modem kurang baik di lokasi anda, maka anda bisa menambahkan antena tambahan untuk meningkatkan daya tangkap sinyal operator kartu anda. Modem ini support 2 slot antena tambahan.

Adapun operator yang bisa digunakan modem Sierra 760S ini adalah seluruh operator GSM kecuali Bolt.

Urusan baterai, modem ini ditenagai oleh baterai dengan kapasitas 2000 mAh yang bisa anda gunakan sampai dengan 6 jam.

Keunggulan lainnya dari modem ini yaitu memiliki aplikasi android yang bisa anda gunakan untuk memonitor koneksi jaringan, daya baterai yang tersisa, merestart dan menonaktifkan modem, melihat perangkat yang terkoneksi dengan modem anda, mengganti nama jaringan maupun password dan lain sebagainya yang bisa anda kulik sendiri nantinya.

Kelebihan :

  • Memiliki layar LCD
  • Memiliki fitur WPS
  • Memiliki slot antena eksternal
  • Memiliki aplikasi tambahan untuk melakukan pengaturan modem (NetGear App)

Kekurangan :

  • Modem mudah panas
  • Bobot modem cukup berat

Harga Sierra 760S : Rp. 725 ribuan

5 Huawei E5673

Modem Huawei E5673 memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, Huawei E5573. Memang sejatinya, modem E5673 ini merupakan minor change dari pendahulunya. Masih tanpa menggunakan layar LCD, modem ini hanya dilengkapi dengan 3 buah lampu LED indikator yang menampilkan status baterai, sinyal dan pesan.

modem wifi 4g terbaik

Modem ini mampu mendukung seluruh operator di Indonesia termasuk Bolt dan Smartfren. Jadi, anda bebas memilih kartu mana yang sinyalnya paling bagus di daerah anda dan juga harganya paling pas di kantong anda.

Seperti banyak modem 4G lainnya, modem ini memiliki kecepatan download hingga 150Mbps dan kecepatan upload hingga 50Mbps. Jika anda ingin berbagi koneksi, maka modem ini mampu berbagi koneksi sampai dengan 16 user.

Huawei E5673 memiliki fitur WiFi Extender, artinya jika ada jaringan wifi kedua modem ini bisa dijadikan penguat sinyal wifi supaya jangkauan sinyal bisa lebih luas lagi.

Untuk urusan baterai, modem ini sama dengan banyak modem Huawei lainnya yang dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 1500mAh yang hanya mampu bertahan 4 sampai dengan 5 jam saja.

Kelebihan :

  • Support semua operator di Indonesia (pastikan anda membeli modem yang sudah unlock)
  • Memiliki fitur WiFi Extender

Kekurangan :

  • Tidak memiliki layar LCD
  • Kapasitas baterai hanya 1500 mAh
  • Tidak ada slot antena eksternal

Harga Huawei E5673 : Rp. 700 ribuan

6 Speed Up M-42

Modem Speed Up M-42 hadir di Indenesia dengan bundling operator Telkomsel. Hal itu terlihat dari desain modem ini yang diberi tambahan emblem berupa tulisan powered by Telkomsel 4G LTE.

modem wifi 4g lte terbaik

Namun jangan khawatir, karena walaupun dibundling dengan Telkomsel, akan tetapi secara pemakaiannya, anda dapat menukar kartu lain, seperti XL, Indosat maupun 3 dan tetap bisa mendapatkan akses internet 4G LTE.

Untuk memudahkan membaca informasi perangkat maupun kartu sim, modem ini telah dibekali dengan layar LCD (OLED) sebesar 1,44 Inch. Selain itu, modem ini juga dilengkapi dengan aplikasi android yang bisa anda install langsung dari akun Google Play anda.

Dengan aplikasi ini anda bisa melakukan pengaturan pada perangkat modem anda, seperti mengubah nama jaringan, mengganti password dan lain sebagainya.

Selain itu, anda juga bisa mengatur kuota penggunaan data dengan aplikasi ini sehingga penggunaan data internet anda menjadi terkontrol dan tidak boros.

Modem ini bisa berbagi koneksi dengan user lainnya sampai dengan 10 user. Untuk urusan baterai, M-42 ditenagai dengan baterai sebesar 2050 mAh yang bisa anda gunakan selama kurang lebih 8 jam pemakaian.

Kelebihan :

  • Memiliki layar LCD
  • Memiliki aplikasi tambahan untuk melakukan pengaturan modem (SpeedUp 4G LTE)

Kekurangan :

  • Casing terdapat emblem Telkomsel

Harga Speed Up M-42 : Rp. 725 ribuan

7 ZTE MF93D

Modem MiFi ZTE MF93D memiliki desain yang hampir sama dengan kebanyakan modem lainnya. Memiliki layar LCD 1,4 Inch membuat anda bisa memonitor informasi seperti sinyal yang didapatkan, daya baterai tersisa maupun nama operator yang sedang anda gunakan.

modem wifi portable terbaik

Modem ini telah menggunakan prosesor Qualcomm LTE generasi kedua yang hemat energi dan menghasilkan panas yang lebih sedikit saat modem sedang anda gunakan.

ZTE MF93D mendukung pemakaian seluruh operator GSM selain Bolt yang mendukung kecepatan download sampai 100Mbps dan kecepatan upload sampai 50Mbps.

Anda bisa berbagi dengan maksimal 10 perangkat lainnya secara bersamaan. Modem ini didukung oleh kapasitas baterai sebesar 2800 mAh yang mampu aktif menyala selama kurang lebih 10 jam pemakaian.

Yang perlu anda perhatikan disini adalah baterai yang digunakan merupakan baterai non-removable alias tidak bisa dilepas-pasang.

Jika sinyal di daerah anda kurang baik, maka anda bisa memasang antena tambahan di modem ini yang telah menyediakan 2 slot antena tambahan.

Kelebihan :

  • Memiliki layar LCD
  • Kapasitas baterai cukup besar yaitu 2800 mAh
  • Memiliki slot antena tambahan
  • Menggunakan prosesor Qualcomm generasi kedua yang lebih hemat energi

Kekurangan :

  • Baterai non-removable alias tidak bisa dilepas-pasang
  • Desain terkesan jadul

Harga ZTE MF93D : Rp. 550 ribuan

8 Vodafone R210

Jika anda berpikir bahwa desain mifi Vodafone R210 ini mirip dengan desain modem-modem keluaran Huawei, maka anda tidak salah, karena modem ini merupakan modem buatan Huawei punya.

modem wifi terbaik dan tercepat

Jadi, wajar saja jika model yang dibuat memiliki kesamaan dengan modem khas Huawei. Modem ini pun diluar sana dijual dengan menggunakan merk Huawei, yaitu Huawei E589.

Modem ini sudah memilki layar LCD yang bisa memberikan anda infomasi penting terkait sinyal operator, informasi baterai, notifikasi pesan dan lain sebagainya.

Tidak seperti modem Huawei lainnya, modem yang di branding dengan merk Vodafone ini memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar jika dibandingkan dengan modem-modem Huawei biasanya, yakni sebesar 3000 mAh.

Dengan kapasitas baterai tersebut, modem ini mampu untuk menyala sampai dengan 8 jam pemakaian. Seperti ZTE MF93D, baterai mifi ini menggunakan baterai yang non-removable.

Modem ini mendukung semua operator GSM kecuali Bolt dan bisa mengunci sinyal di area 4G sehingga sinyal yang didapatkan akan stabil.

Anda bisa berbagi koneksi wifi dengan 10 perangkat lainnya secara bersamaan, namun modem ini tidak mendukung koneksi melalui USB, jadi pastikan komputer atau laptop anda memiliki sistem penangkap sinyal yang baik.

Kelebihan :

  • Memiliki layar LCD
  • Kapasitas baterai cukup besar yaitu 3000 mAh
  • Memiliki slot antena tambahan

Kekurangan :

  • Baterai non-removable alias tidak bisa dilepas-pasang
  • Tidak bisa mendukung koneksi melalui USB

Harga Vodafone R210 : Rp. 700 ribuan

9 Alcatel Y853 (EE40/Osprey 2)

Alcatel Y853 atau dikenal juga dengan EE40/Osprey 2 memiliki desain yang cukup unik dengan bentukan kotak berwarna hitam dan disisinya dilapisi oleh karet berwarna kuning yang bisa memberikan sedikit perlindungan ketika modem ini terjatuh.

Sebagai ganti tidak adanya layar LCD, modem ini memberikan 4 lampu LED sebagai indikator kekuatan sinyal, mode jaringan 4G dan 3G juga notifikasi sms.

Tidak ada indikator baterai pada modem ini, sehingga akan menyulitkan anda untuk mengetahui seberapa besar sisa pemakaian baterai yang sudah anda gunakan.

Alcatel Y583 ini bisa mendukung pemakaian seluruh operator GSM di Indonesia kecuali Bolt yang mendukung kecepatan download sampai dengan 100Mbps dan kecepatan upload sampai dengan 50Mbps.

Anda juga bisa berbagi koneksi maksimal 10 user dengan menggunakan modem ini.
Dengan kapasitas baterai yang hanya 1500 mAh, pastikan anda selalu menyiapkan opsi untuk sumber daya cadangan ketika modem ini akan kehabisan baterai.

Modem ini juga tidak mendukung slot SD card sehingga anda tidak bisa menjadikannya sebagai media penyimpanan tambahan.

Kelebihan :

  • Desain yang unik
  • Sisi modem dilapisi oleh karet yang mampu memberikan perlindungan ketika modem jatuh

Kekurangan :

  • Tidak memiliki layar LCD
  • Kapasitas baterai hanya sebesar 1500 mAh
  • Tidak ada indikator status baterai

Harga Alcatel Y853 : Rp. 700 ribuan

10 Alcatel Y854 (EE60)

Alcatel Y854 (EE60) merupakan modem upgrade dari Alcatel Y853 (EE40). Secara desain, kedua modem mifi ini sangat mirip dengan bentukan kotak berwarna hitam dengan sisinya yang berwarna kuning.

modem gsm 4g terbaik

Karena modem ini merupakan versi upgrade dari Alcatel Y853, meskipun secara desain hampir sama, namun ada beberapa hal yang berbeda. Beberapa item yang diperbaiki di modem ini yaitu dalam hal kecepatan, baterai dan kemampuan berbagi.

Dalam hal kecepatan, modem ini memiliki kecepatan download hingga 150Mbps, 50Mbps lebih besar dari pendahulunya sedangkan kecepatan uploadnya sama yaitu 50Mbps.

Kapasitas baterai modem ini meningkat pesat dibandingkan pendahulunya, yaitu sebesar 5150 mAh, selisih 3650 mAh lebih besar. Selain itu, modem ini pun bisa anda fungsikan sebagai power bank untuk gadget anda lainnya.

Mengenai kemampuan berbaginya, modem ini bisa mendukung anda untuk berbagi sampai dengan 15 perangkat lainnya. Operator yang bisa anda gunakan yaitu seluruh kartu GSM kecuali Bolt.

Modem ini sudah mendukung Alcatel App yang bisa diinstall di smartphone iOs maupun Android anda. Dengan aplikasi ini anda bisa memonitor penggunaan data, mengatur pesan, mengganti password dan lain sebagainya.

Kelebihan :

  • Desain yang unik
  • Kapasitas baterai sebesar 3650 mAh
  • Bisa difungsikan sebagai power bank
  • Memiliki aplikasi tambahan untuk melakukan pengaturan modem (Alcatel App)

Kekurangan :

  • Tidak memiliki layar LCD
  • Tidak ada indikator status baterai

Harga Alcatel Y854 : Rp. 900 ribuan

11 Alcatel MW40

Alcatel MW40 secara desain terlihat sederhana dan minimalis, dengan 4 indikator LED berwarna biru yang menunjukkan informasi kekuatan sinyal, kekuatan wifi, sms dan status baterai.

modem mifi terbaik kaskus

Modem ini mendukung pemakaian seluruh operator di Indonesia termasuk Bolt dan Smartfren dan telah mendukung chipset untuk mifi 4G yang lumayan baru dibanding dengan modem-modem sejenis di pasaran yaitu Qualcomm MDM9207-1.

Kecepatan download maksimal yang dimiliki modem ini adalah 150Mbps dengan kecepatan upload maksimal 50Mbps.

Anda bisa berbagi dengan maksimal 15 user secara bersamaan dengan modem ini. Untuk keamanan, modem ini memiliki fitur WPS yang bisa anda aktifkan hanya dengan menekan tombol WPS yang ada di bagian atas modem.

Untuk ketahanan baterai, Alcatel MW40 telah dibekali dengan baterai sebesar 1800 mAh yang bisa aktif digunakan sampai dengan 6 jam pemakaian.

Salah satu kelebihan yang bisa anda manfaatkan di modem ini adalah fungsi by pass-nya. Yaitu anda bisa menghidupkan modem ini tanpa menggunakan baterai, cukup di pasang ke charger maupun power bank anda.

Kelebihan :

  • Desain yang unik
  • Support semua operator di Indonesia
  • Memiliki fitur WPS
  • Memiliki fitur By Pass yakni bisa di charge meskipun baterai tidak terpasang

Kekurangan :

  • Tidak memiliki layar LCD
  • Kapasitas baterai hanya 1800 mAh

Harga Alcatel MW40 : Rp. 850 ribuan

12 Prolink PRT7011L

Modem Mifi Prolink PRT7011L ini memiliki bentuk kotak dengan radius di keempat sudutnya. Tombol power berada dibagian atas dan port micro USB dibagian bawah casing.

modem wifi gsm terbaik

Terdapat 3 lampu LED sebagai indikator status baterai, sinyal wifi dan sinyal jaringan pada bagian depan casing-nya.

Setiap warna lampu yang dihasilkan oleh modem ini memiliki maksud yang berbeda-beda, jadi silahkan anda membaca manual book-nya untuk memAhami maksud dari setiap warna yang dihasilkannya.

Modem ini memilki kapasitas baterai sebesar 2000 mAh yang sanggup bertahan hingga 9 jam pemakaian. Cukup mumpuni untuk dipakai sambil bekerja di kantor dari waktu masuk kerja sampai pulang kerja dengan jam kerja normal alias tidak lembur.

Mifi Prolink mendukung seluruh operator seluler di Indonesia dan bisa berbagi koneksi secara bersamaan sampai dengan 10 user. Jika anda membutuhkan keamanan dalam koneksi anda, maka anda tinggal mengaktifkan tombol WPS yang ada di modem ini.

Kelebihan :

  • Support semua operator di Indonesia
  • Memiliki fitur WPS

Kekurangan :

  • Tidak memiliki layar LCD
  • Kode warna lampu LED yang terlalu kompleks

Harga Prolink PRT7011L : Rp. 700 ribuan

13 TPLINK M7350

TP-Link M7350 merupakan produk terbaru dari TP-Link yang sudah mendukung kecepatan 4G LTE dengan kecepatan download yang mencapai 150Mbps dan upload hingga 50Mbps. Mifi ini bisa anda koneksikan dengan 15 perangkat lainnya secara bersamaan.

modem bolt terbaik

Memiliki layar LCD sebesar 1.4 Inch yang sudah cukup jelas untuk memonitor informasi modem maupun jaringan seperti status sinyal, baterai, notifikasi pesan, perangkat yang terhubung dan lain sebagainya.

Dengan kapasitas baterai sebesar 2550 mAh menjadikan modem ini mampu beroperasi selama kurang lebih 10 jam pemakaian.

Fitur lain yang unik dari modem ini adalah anda bisa berbagi data yang ada di micro SD anda secara nirkabel, Anda dapat dengan mudah berbagi foto, musik, video dan banyak lagi dengan nirkabel di seluruh jaringan Anda.

Anda dapat mengakses dan berbagi file menggunakan samba pihak ketiga. Anda bisa menggunakan Aplikasi seperti ES File Explorer pada Android atau FileExplore di iOS.

Selain itu, modem ini juga telah didukung oleh aplikasi tpMifi yang memudahkan anda untuk memonitor pemakaian modem anda, seperti mengatur limit pemakaian kuota, memilih perangkat yang bisa mengakses wifi anda dan berbagi data untuk/dari Micro SD anda.

Kelebihan :

  • Desain premium
  • Memiliki layar LCD
  • Kapasitas baterai sebesar 2550 mAh
  • Memiliki aplikasi tambahan untuk melakukan pengaturan modem (tpMifi App)

Kekurangan :

  • Bobot modem cukup berat
  • Tidak ada slot antena tambahan

Harga TP-Link M7350 : Rp. 950 ribuan

14 XIAOMI ZMI MF855

ZMI MF855 merupakan terobosan baru dalam dunia modem, karena ia menyatukan antara modem 4G dengan power bank. Jadi mifi ini bisa anda gunakan untuk internetan sambil mencharger gadget anda lainnya. Keren bukan?

modem internet terbaik

Namun jika anda tidak menjadikannya power bank, mifi ini sangatlah mumpuni untuk berinternetan ria sepanjang hari dengan kapasitas baterainya yang mencapai 7800 mAh. Kapasitas baterai yang tidak akan anda temukan di modem manapun di dunia ini.

Secara spesifikasi frekuensi jaringan yang tertera, maka modem ini mampu mendukung semua operator di Indonesia termasuk Bolt dan Smartfren.

Namun yang menjadi catatan disini adalah frekuensi jaringan Smartfren, modem ini hanya mendukung koneksi Smartfren di frekuensi TDD LTE 2300 MHz dan tidak bisa digunakan untuk FDD LTE frekuensi 850 MHz/B5.

Jadi, mohon anda periksa terlebih dahulu jaringan yang support Smartfren di daerah anda.

Koneksi maksimal yang bisa anda bagikan dengan modem ini hanya 8 perangkat saja. Jumlah yang sedikit jika dibandingkan dengan modem 4G lainnya.

Mifi ini tidak memiliki layar LCD sebagai media informasi modem, hanya ada 3 lampu LED sebagai indikator sinyal jaringan 3G/4G, wifi dan daya baterai saja yang letaknya ada di sebelah port micro USB.

Jika anda ingin melakukan pengaturan sistem modem ini, silahkan anda instal terlebih dahulu aplikasi ZMI yang bisa anda download di situs resmi ZMI.

Dengan aplikasi ini anda bisa melihat pengguna yang terhubung ke modem zmi anda sekaligus memblokirnya jika anda menginginkannya.

Anda juga bisa membatasi pengeluaran kuota maupun mengaktifkan fitur auto sleep, jika selama 15 menit tidak ada koneksi maka modem akan masuk ke kondisi sleep, untuk menyalakan wifi kembali anda cukup menenkan sekali tombol power pada modem.

Kelebihan :

  • Kapasitas baterai super besar 7800 mAh
  • Bisa difungsikan sebagai power bank
  • Memiliki aplikasi tambahan untuk melakukan pengaturan modem (ZMI App)
  • Memiliki fitur auto sleep

Kekurangan :

  • Hanya mendukung jaringan Smartfren di frekuensi TDD LTE 2300 MHz
  • Bobot modem yang besar dan berat seperti power bank pada umumnya

Harga ZMI MF855 : Rp. 1.250.000-an

15 Movimax MV003

Modem Movimax MV003 adalah modem buatan vendor lokal yang dijual di pasaran dengan sistem bundling kartu XL. Jadi yang beredar kebanyakan di pasaran adalah modem yang sudah di lock dengan kartu XL-nya. Artinya modem ini tidak bisa menggunakan kartu operator lain selain XL.

modem terbaik dan tercepat

Namun, sekarang sudah banyak juga yang menjual versi unlock-nya. Dengan begitu anda bisa menggunakannya untuk kartu GSM selain XL yaitu Indosat, Telkomsel, Axis maupun Tri.

Tidak ada layar LCD pada di mifi ini, sebagai gantinya Movimax MV003 menggunakan 4 lampu LED sebagai indikator sinyal, jaringan dan notifikasi pesan yang masuk.

Untuk kapasitas baterai, Movimax ditenagai oleh baterai sebesar 2300 mAh yang mampu aktif selama kurang lebih 10 jam pemakaian, sangat cukup untuk menemani internetan anda di kantor.

Jumlah perangkat yang bisa terhubung dengan modem ini pun sangat besar yaitu sebanyak 32 perangkat dengan jangkauan area sejauh 50 meter. Jika anda ingin menyimpan data, mifi ini juga menyediakan slot micro SD.

Kelebihan :

  • Kapasitas baterai sebesar 2300 mAh
  • Mampu berbagi ke 32 perangkat

Kekurangan :

  • Tidak memiliki layar LCD
  • Casing terdapat logo XL

Harga Movimax MV003 : Rp. 550 ribuan

16 Andromax M5

Satu lagi modem mifi 4G LTE yang bisa digunakan sebagai power bank yaitu modem Andromax M5. Perbedaannya dengan mifi ZMI adalah pada kapasitas baterainya. Jika ZMI memiliki kapasitas baterai sebesar 7800 mAh, modem Andromax M5 ini hanya memiliki kapasitas baterai kurang dari setengahnya yaitu 3200 mAh.

modem 4g gsm terbaik

Untuk urusan berbagi koneksi, modem ini memiliki kemampuan sama dengan modem Movimax yaitu sebanyak 32 perangkat secara bersamaan.

Namun modem ini memiliki tambahan fitur data speed limiter, dimana anda bisa membatasi kecepatan akses internet saat anda berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya.

Fitur data speed limiter ini menjadi semacam sharing control yang membuat anda bisa mengontrol aktivitas pemakaian kuota anda sehingga tidak terlalu boros.

Seperti kebanyakan desain modem lainnya, modem ini didesain tanpa menggunakan layar LCD. Hanya ada 4 lampu LED sebagai indikator baterai, sinyal dan pesan.

Kelebihan :

  • Kapasitas baterai sebesar 3200 mAh
  • Mampu berbagi ke 32 perangkat
  • Memiliki fitur data speed limiter

Kekurangan :

  • Hanya mendukung jaringan Smartfren saja
  • Tidak memiliki layar LCD

Harga Andromax M5 : Rp. 700 ribuan

17 Andromax M2Y

Andromax M2Y merupakan modem keluaran dari Smartfren, oleh karena itu modem wifi ini hanya bisa mendukung jaringan CDMA saja, jadi anda tidak bisa menggunakan kartu selain Smartfren.

modem smartfren terbaik

Untungnya Smartfren sekarang memiliki jangkauan jaringan yang cukup luas, jadi anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu gonta-ganti kartu jika pergi keluar kota.

Meskipun pada kenyataannya anda tidak akan berbagi sampai ke 32 perangkat, modem ini memungkinkan anda untuk berbagi koneksi ke perangkat lainnya sampai dengan 32 pengguna.

Jadi jangan khawatir kalau anda memang memiliki banyak teman maupun tetangga dan ingin berbagi koneksi dengannya.

Modem wifi ini dilengkapi dengan lampu LED sebagai indikator power di bagian tengah dan 4 buah lainnya ada dibagian atas yang meliputi indikator sinyal 4G, transfer data, sinyal WIFI, serta WPS.

Urusan baterai, Andromax M2Y ditenagai dengan baterai berkapasitas 2000 mAh, jauh lebih rendah dibanding modem Andromax M5 yang memiliki kapasitas sebesar 3200 mAh.

Untuk kemudahan penggunaan, Smartfren telah membekali modem ini dengan aplikasi yang bisa anda instal di smartphone iOs atau Android anda.

Dengan aplikasi ini, seluruh status mifi bisa anda lihat dan anda atur, aktivitas mengganti SSID, password dan APN bisa menjadi lebih mudah.

Kelebihan :

  • Mampu berbagi ke 32 perangkat
  • Memiliki fitur WPS

Kekurangan :

  • Hanya mendukung jaringan Smartfren saja
  • Tidak memiliki layar LCD

Harga Andromax M2Y : Rp. 800 ribuan

18 Andromax M3S

Sama seperti Andromax M2Y, modem mifi Andromax M3S ini pun merupakan modem keluaran Smartfren. Desain mifi ini tergolong unik, mengingatkan anda pada gadget pemutar musik yang terkenal yaitu iPod.

usb modem 4g terbaik

Dengan bentuk kotak kecil bersudut radius, memiliki tombol power berbentuk bulat di tengah casing dan 4 buah lampu LED sebagai indikator status sinyal dan sebagainya di sekelilingmya.

Seperti Andromax M2Y, modem wifi ini hanya mendukung jaringan Smartfren saja dan bisa berbagi koneksi dengan 32 perangkat lainnya secara bersamaan.

Modem ini pun telah dibekali dengan aplikasi yang memudahkan anda melihat dan melakukan pengaturan seperti penggantian SSID, password dan lain sebagainya.

Namun untuk urusan baterai, modem ini berbeda dengan mifi M3S, karena modem ini ditenagai oleh baterai dengan kapasitas sebesar 3000 mAh sehingga mampu aktif lebih lama.

Modem ini juga mendukung WPS yang menjadikan aktivitas internetan anda menjadi lebih aman.

Kelebihan :

  • Desain yang mirip iPod
  • Kapasitas baterai sebesar 3000 mAh
  • Mampu berbagi ke 32 perangkat
  • Memiliki fitur WPS

Kekurangan :

  • Hanya mendukung jaringan Smartfren saja
  • Tidak memiliki layar LCD

Harga Andromax M3S : Rp. 500 ribuan

19 Bolt Vela (E5578)

Modem ini berasal dari pabrikan Huawei dengan tipe Huawei E5578 yang di branding oleh Bolt dengan nama Bolt Vela. Sepengetahuan saya, tidak seperti beberapa modem Bolt lainnya, mifi ini tidak ada yang menjual versi Huawei-nya di Indonesia.

Jadi jika anda ingin membeli modem ini, anda harus membeli produk yang sudah di branding dengan Bolt.

modem mifi 4g lte terbaik

Meskipun telah bekerja sama dengan Bolt, modem ini masih bisa anda nikmati menggunakan kartu operator lainnya seperti XL, Telkomsel, Indosat, Tri, Axis dan Smartfren.

Caranya dengan membeli produk yang versi unlock-nya, karena sudah banyak penjual yang menjual versi unlock-nya di Indonesia.

Yang cukup menarik dari modem ini adalah dari sisi desainnya. Yup, bentuk modem ini sangatlah elegan, jika anda lihat sekilas maka mifi ini akan terlihat seperti iPhone.
Dengan bentuk persegi panjang dengan pilihan warna hitam dan putih.

Namun sayang, material yang digunakan berbahan plastik yang mudah ternoda dengan sidik jari.

Modem ini sudah memiliki layar LCD yang memudahkan anda untuk memantau informasi sistem baik sinyal, daya baterai maupun nomor kartu yang sedang anda gunakan.

Untuk baterainya sendiri, modem ini ditenagai oleh baterai sebesar 1900 mAh yang bisa tahan kurang lebih selama 7 jam pemakaian dan bersifat non-removable alias tidak bisa dilepas-pasang.

Jika anda ingin berbagi koneksi dengan teman atau keluarga anda, maka mifi ini bisa berbagi sampai dengan 10 perangkat saja.

Kelebihan :

  • Memiliki layar LCD
  • Desain elegan dan ringan
  • Support semua operator di Indonesia (pastikan anda membeli modem yang sudah unlock)

Kekurangan :

  • Baterai non-removable alias tidak bisa dilepas-pasang
  • Tidak ada slot antena tambahan

Harga Bolt Vela : Rp. 700 ribuan

20 Advan JR-108 Plus

Jika anda pernah mencari smartphone murah pasti anda mengenal merk yang satu ini. Yup, Advan merupakan salah satu merk smartphone menengah ke bawah yang cukup terkenal dikarenakan harganya yang murah namun memiliki fitur yang melimpah.

modem murah terbaik

Selain memproduksi smartphone, Advan juga mengeluarkan produk modem yang mendukung jaringan 4G LTE, namanya Advan JR-108 Plus.

Advan JR-108 Plus ini memiliki bentuk persegi panjang dengan sudut radius di keempat sisinya. Minus layar LCD, modem ini hanya mengandalkan lampu LED sebagai indikator sinyal, baterai dan juga wifi.

Jaringan operator yang didukung oleh modem wifi ini hanyalah operator GSM saja dan itu tidak termasuk operator Bolt, karena Bolt memiliki frekuensi yang berbeda dengan operator GSM lainnya.

Modem ini memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 2400 mAh yang mampu bertahan selama kurang lebih 9 jam pemakaian. Namun sayangnya hanya bisa berbagi dengan maksimal 5 perangkat saja.

Kelebihan :

  • Kapasitas baterai sebesar 2400 mAh

Kekurangan :

  • Tidak memiliki layar LCD
  • Hanya bisa berbagi ke 5 perangkat saja
  • Tidak ada slot antena tambahan

Harga Advan JR-108 Plus : Rp. 480 ribuan

Bonus : Panduan Membeli Modem Mifi 4G LTE

Ada beberapa kriteria penting menurut saya yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk membeli sebuah modem mifi 4G terbaik. Berikut beberapa tips memilih modem wifi terbaik :

1 Dukungan operator selular

Menurut saya, satu kriteria penting yang harus anda perhatikan sebelum membeli modem 4G terbaik adalah dukungan operator. saya menyarankan anda untuk membeli modem wifi yang telah support untuk seluruh frekuensi operator yang ada di Indonesia baik operator GSM maupun operator CDMA.

Mengapa? Karena tidak semua operator memiliki sinyal yang baik di semua daerah dan juga tidak semua operator memiliki harga yang sesuai dengan kantong anda.

Jadi, dengan banyaknya pilihan dukungan operator maka anda bebas memilih operator yang sinyalnya bagus di tempat anda tinggal ataupun bekerja dan juga anda bebas memilih paket internet yang sesuai dengan kantong anda.

2 Fitur Unlock

Beberapa modem 4G memiliki spesifikasi frekuensi yang support untuk lebih dari satu operator bahkan seluruh operator jaringan di Indonesia.

Namun, karena sistem penjualan beberapa modem yang bekerja sama dengan salah satu operator, maka modem tersebut di lock operator atau dikunci hanya untuk penggunaan operator tersebut saja.

Contohnya adalah modem 4G Bolt. Beberapa modem Bolt aslinya merupakan modem buatan Huawei, ZTE maupun Orion yang di rebranding menggunakan merk Bolt. Spesifikasi asli beberapa modem Bolt tersebut sebenarnya mendukung untuk penggunaan seluruh operator di Indonesia seperti Bolt Vela.

Bolt Vela telah mendukung frekuensi 4G LTE Cat5 (1800/2100/2300/2500/2600) yang bisa anda gunakan untuk seluruh operator di Indonesia baik GSM maupun CDMA.

Namun, karena sistem lock operator, modem ini hanya bisa anda gunakan untuk satu operator saja, yaitu Bolt.

Untuk bisa anda gunakan ke seluruh operator, modem 4G tersebut harus di-unlock terlebih dahulu. Untuk hal ini, sudah banyak penjual di pasaran yang menjual modem versi unlock-nya. Jadi, anda hanya tinggal membeli modem versi unlock-nya saja.

Namun yang perlu anda perhatikan adalah anda harus cermat ketika membeli modem 4G terbaik yang sudah versi unlock, karena ada beberapa modem yang ketika di unlock, ia hanya akan support untuk sinyal 3G saja. Salah satunya adalah modem Huawei MF90.

3 Kapasitas Baterai

Jika anda memang sangat mengandalkan modem 4G untuk kebutuhan internet anda., maka modem merupakan salah satu barang yang portable alias akan anda bawa kemanapun anda pergi.

Oleh karena itu, memilih modem 4G terbaik dengan kapasitas yang besar merupakan pilihan yang bijak untuk anda.

Apalagi jika anda tidak memiliki sumber daya cadangan seperti power bank, maka pertimbangan untuk memilih modem dengan kapasitas besar akan lebih meningkat lagi.

Saya menyarankan anda untuk setidaknya memilih modem yang memiliki kapasitas minimal 2500 mAh. Karena dengan kapasitas sebesar itu, modem anda bisa bertahan kurang lebih 10 jam dan itu sudah cukup untuk menemani anda beraktivitas di tempat yang jauh dari sumber listrik.

4 Layar LCD

Satu hal lain yang patut anda pertimbangkan sebelum membeli modem 4G terbaik adalah adanya layar LCD. Karena layar LCD memuat informasi penting modem wifi anda seperti status pemakaian baterai, status sinyal (4G atau 3G), banyaknya sinyal yang anda terima, berapa perangkat lain yang terhubung, nama perangkat, password yang anda gunakan, lama pemakaian modem, nama operator seluler yang anda gunakan, kuota yang telah anda gunakan dan lain sebagainya.

Dengan adanya layar LCD, maka anda akan lebih mudah untuk mengontrol modem mifi anda, kapan modem harus segera anda charge, menginformasikan password jika ada teman yang ingin join koneksi dengan anda dan lain sebagainya.

Jadi percayalah, layar LCD ini akan sangat membantu anda dalam penggunaan modem untuk aktivitas internetan anda sehari-hari.

Rekomendasi Saya

Saya telah menulis panjang lebar mengenai modem 4G terbaik yang bisa anda pilih diatas, berikut beberapa kriteria penting sebelum anda memutuskan untuk membeli modem 4G terbaik dan juga murah di kantong anda.

Namun, jika anda masih bingung juga dalam memilih maka silahkan simak modem wifi 4G terbaik rekomendasi dari saya :

Modem 4G terbaik menurut saya, berdasarkan fitur dan juga harga tentunya, adalah modem Vodafone R210. Jaringan sudah support all operator GSM kecuali Bolt, sudah memiliki layar LCD dan kapasitas baterai sebesar 3000 mAh yang cukup untuk menemani aktivitas anda seharian.

Jika anda ingin memiliki modem yang support all operator termasuk Bolt dan Smartfren, maka anda bisa memilih antara Bolt Vela (ada layar LCD, kapasitas baterai lebih kecil) atau Prolink PRT7011L (tidak ada layar LCD, kapasitas baterai lebih besar) yang memiliki rentang harga relatif sama.

Jika anda ingin modem termurah silahkan anda pilih Andromax M2Y. Namun, modem ini hanya support satu kartu saja yaitu Smartfren dan tidak memiliki layar LCD.

Demikianlah ulasan 20 modem mifi 4G LTE terbaik berikut beberapa tips dan rekomendasi dari saya. Semoga bermanfaat dan silahkan anda bagikan kepada teman anda yang sedang galau mencari modem terbaik untuk digunakan.

Leave a Comment